rekoemndasu database terbaik untuk pemrograman

7 Rekomendasi Database Terbaik Untuk Pemrograman – Apa saja software atau aplikasi database terbaik untuk pemrograman (Web, Android, Mobile dll) ada yang berbayar maupun gratis.

Apa itu database…?, Database atau basis data yaitu merupakan kumpulan data-data yang disimpan di dalam sebuah komputer (server) secara sistematik dan terstruktur.

Sehingga dapat dikelola menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari data-data yang disimpan dalam database tersebut.

Singkatnya database adalah teknologi yang berfungsi sebagai tempat atau wadah untuk menyimpan berbagai data, Database merupakan aspek yang sangat penting dalam teknologi informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data untuk diolah lebih lanjut.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai 7 Rekomendasi Database Terbaik Untuk Pemrograman yang dapat anda gunakan dalam membuat proyek yang mengharuskan untuk melakukan penyimpanan data 😀

7 Rekomendasi Database Terbaik Untuk Pemrograman

Berikut ini adalah rekomendasi database terbaik untuk pemrograman :

1. MySQL

database terbaikRekomendasi database terbaik untuk pemrograman yang pertama yaitu MySQL, Merupakan salah satu aplikasi database terbaik yang cukup populer diantara aplikasi database lainnya.

MySQL merupakan salah satu database relasional yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Oracle. MySQL memiliki 2 versi yang bisa digunakan yaitu gratis karena bersifat open source dan versi premium atau yang berbayar.

MySQL dapat Anda gunakan di berbagai sistem operasi dari Linux, Windows, Mac OS, dan masih banyak lagi. Anda bisa menggunakan MySQL dengan multi user selain itu MySQl juga support berbagai bahasa pemrograman.

Salah satu kelebihan yang menarik dari MySQL yaitu tidak membutuhkan spesifikasi perangkat yang tinggi. Cukup dengan RAM 1 GB, Anda sudah bisa menggunakan MySQL sebagai database terbaik anda.

2. MariaDB

rekoemndasi database terbaikRekomendasi database terbaik selanjutnya, MariaDB merupakan database relasional yang serupa dengan MySQL. dapat dikatakan bahwa MariaDB adalah hasil kloningan dari MySQL Bedanya, Mariadb bisa Anda gunakan secara gratis karena bersifat full open source secara penuh.

Tujuan dikembangkannya MariaDB adalah mempertahankan dan menjaga kompatibilitas tinggi terhadap MySQL. Untuk keamanan Mariadb memiliki fitur Temporary Table Encryption atau Log Encryption yang berguna untuk melindungi data sensitif Anda.

Selain itu Mariadb memiliki fitur ColumnStore yang akan memudahkan untuk menambah kapasitas penyimpanan data hingga ukuran petabyte.

Mariadb juga memiliki penyimpanan kolom dengan kompresi 10 kali. Sehingga Anda dapat memproses dan menganalisis data-data yang berukuran besar dengan lebih cepat.

3. Oracle

rekomendasi database terbaikOracle database salah satau database yang sangat populer dan banyak diminati di seluruh dunia baik di pemerintahan maupun perusahaan. Menjadikan oracle sebagai rekomendasi database terbaik tentunya 😀

Oracle merupakan aplikasi database terbaik yang dapat gunakan untuk menyimpan berbagai data dengan skala besar. Anda bahkan bisa menggunakannya untuk menyimpan data hingga ukuran terabyte.

Oracle mampu menjaga kecepatan pemrosesan data meskipun ada peningkatan workload. Selain itu, Oracle bersifat multi user sehingga bisa diakses bersama dengan user lain.

Menariknya, ketika input data meningkat, umumnya kapasitas penyimpanan data akan menipis dan kecepatan pemrosesan data akan menurun.

Real Application Clustering. Merupakan fitur Oracle yang akan secara otomatis menambah kapasitas penyimpanan data dan kecepatan pemrosesan data sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan fitur-fitur itu, tak heran kalau Oracle menjadi salah satu database populer untuk project pengembangan database perusahaan besar, seperti Mcafee dan Cisco.

4. Microsoft SQL Server

database terbaik untuk pemrogramanDatabase kali ini merupakan sebuah aplikasi basis data yang besutan dari Microsoft, yaitu salah satau perusahaan teknologi terkemuka pastinya anda sudah tau dengan Microsoft.

Microsoft juga mengembangkan database terbaik untuk pemrograman dan lainnya terkenal dengan nama Microsoft SQL Server. Dapat dikatakan Microsoft SQL Server cocok untuk project database perusahaan besar yang berkepentingan melindungi data konsumennya.

Database ini juga telah mendukung banyak bahasa pemrograman seperti Java, PHP, C++, Python, Ruby, Visual Basic, Delphi, Go dan R.

Microsoft SQL Server merupakan salah satu database terbaik untuk project yang banyak melakukan pengelolaan data sensitif. Database ini memiliki fitur Data Discovery Classification yang dapat mengelompokkan data publik, privat dan umum.

Beberapa kelebihan jika Anda menggunakan database yang satu ini yaitu, seperti : dapat digunakan oleh banyak platform, mempunyai tipe data banyak, database cukup banyak, dan lain sebagainya.

5. PostgreSQL

rekomendasi database terbaik untuk pemrograman

Rekomendasi database terbaik selanjutnya adalah PostgreSQL. PostgreSQL merupakan database non relasional yang reputasinya cukup baik. Database ini bersifat open source, PostgreSQL memiliki banyak keunggulan fitur.

Untuk keamanan, PostgreSQL memiliki fitur role management yang memastikan tiap-tiap user hanya memiliki akses ke database yang menjadi tugasnya masing-masing.

Selain itu, database ini dilengkapi fitur user management database yang berlapis. Pertama, Anda hanya bisa mengizinkan akses local host via local unix socket. Akses ilegal akan diblokir menggunakan username.

PostgreSQL dapat digunakan untuk menyimpan hingga mengembalikan data dengan aman. Database ini juga mampu merespon perintah dari perangkat lunak atau aplikasi yang lain.

PostgreSQL adalah database yang cukup populer bagi para developer yang memiliki project dengan banyak pengembangan data. Misalnya, project pengembangan website atau aplikasi yang dikerjakan oleh banyak developer sekaligus.

6. SQLite

rekoemendasi database terbaikSQLite database yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin mempunyai data yang terstruktur. Anda bahkan dapat memanfaatkannya sebagai caching serta menyediakan data dari cloud.

SQLite merupakan database yang ditulis dalam bahasa pemrograman C yang dikenal sebagai bahasa perakitan yang portable. Artinya, Anda dapat membangun sistem hardware apapun yang dapat berjalan pada platform berbeda itulah yang menjadikan SQLite sebagai salah satu database terbaik.

Selain itu, SQLite adalah database yang serverless. Anda tidak perlu melakukan instalasi, setup, konfigurasi dan lain-lain untuk menggunakannya. Jadi, Anda bisa langsung membaca dan menulis data langsung dari file database di disk.

Bagi Anda yang juga suka dengan data dalam bentuk kolom dan baris maka gunakan saja aplikasi yang satu ini.

7. MongoDB

rekomendasi database terbaik untuk pemrograman

MongoDB merupakan database non relasional yang banyak digunakan oleh pengembang aplikasi dan website terkenal. Contohnya, Adobe dan Ebay. Menjadikannya sebagai salah satu database terbaik 😀

Database yang satu ini memiliki cara kerja yang berorientasi pada open source serta cross platform. cara kerjanya pun memakai prinsip yang hampir sama dengan JSON. Sehingga pemrosesan data jadi lebih ringan. Selain itu, informasi data website dapat diperbaharui tanpa ada pemuatan ulang.

MongoDb juga didukung banyak bahasa pemrograman seperti C, C++, C#, Haskell, Java, JavaScript, Lisp, Perl, PHP, Python, Ruby dan Scala.

Database MongoDB dilengkapi dengan TLS/SSL untuk mengamankan jaringan internet, user manager dan izin akses berdasar role atau task yang dikerjakan.

Skalabilitas MongoDB dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ketika ada lonjakan kapasitas data, Anda bisa menambahkan server cloud untuk database cluster. Anda pun bisa menambahkannya tanpa membeli perangkat baru.

Nah pembahasan kita kali ini mengenai 7 Rekomendasi Database Terbaik Untuk Pemrograman semoga bermanfaat, terima kasih kunjungannya dan sampai jumpa di artikel berikutnya 😀

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here