apa itu database

Apa Itu Database dan Fungsinya –  Apa itu Database…?, Seringkali kita mendengar istilah database, Database merupakan salah satu istilah dalam teknologi informasi yang memiliki banyak manfaat berupa penyimpanan data.

Database atau basis data yaitu merupakan kumpulan data-data yang disimpan di dalam sebuah komputer (server) secara sistematik dan terstruktur sehingga dapat dikelola menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari data-data yang disimpan dalam database tersebut.

Fungsi Utama Database atau basis data adalah agar pengguna mampu menyusun suatu pandangan (view) abstraksi data. Hal ini bertujuan untuk menyederhanakan intraksi antara pengguna dengan sistem dan basis data dapat mempresentasikan pandangan yang berbeda kepada para pengguna, seperti programmer, dan administrator database.

Singkatnya Database yaitu tempat untuk menyimpan data. Terdapat juga fungsi dan jenis-jenis database di bidang teknologi. Supaya lebih jelas pada artikel kali ini kita akan membahas pengetahuan dasar seputar apa itu database dan fungsinya.

Apa Itu Database, Pengertian dan Fungsinya

1. Apa Itu Database..?

Seperti yang telah disinggung di atas Database atau basis data adalah tempat atau penyimpanan kumpulan data yang dapat dikelola sedemikian rupa berdasarkan ketentuan tertentu untuk menghasilkan informasi.

Adapun pengertian lain dari database adalah sebuah sistem yang berguna untuk mengumpulkan file, tabel, atau arsip yang terhubung dan disimpan dalam berbagai media elektronik.

Database merupakan aspek yang sangat penting dalam teknologi informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data untuk diolah lebih lanjut. Database atau Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi kan data, menghindari duplikasi data, dan menghindari hubungan antar data yang tidak jelas.

Proses memasukkan dan mengambil data dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak atau software yang disebut dengan sistem manajemen basis data (database management system | DBMS), Contoh nya seperti PhpMyAdmin yang sering digunakan untuk mengelola database MySQL

2. Fungsi Database

Setelah kita mengetahui pengertian dari apa itu database..?, Berikutnya yaitu fungsi utama dari database berikut ini beberapa fungsi utama dari database :

  • Mengelompokkan sekumpulan data-data sehingga lebih mudah dikelola.
  • Mencegah terjadinya duplikasi/duplikat data maupun inkonsistensi data.
  • Mempermudah proses manajemen data seperti (penyimpanan, pembaharuan, dan penghapusan data).
  • Menjaga kualitas dan keamanan data-data yang akan diakses sesuai dengan permintaan pengguna.
  • Memberikan ruang penyimpanan untuk memproses data.
  • Membantu meningkatkan kinerja aplikasi yang membutuhkan penyimpanan data.

3. Jenis Database

Setelah kita mengetahui apa itu database dan fungsinya, Selanjutnya kita akan mencoba membahas Jenis-jenis Database terdapat 4 jenis database yang cukup familiar dipakai dalahm kebutuhan sehari-hari. Berikut penjelasan 4 jenis database tersebut.

A. Operational Database

Yang pertama yaitu Operational Database atau biasa disebut dengan database OLTP (On Line Transaction Processing), berfungsi untuk mengelola data yang bersifat dinamis secara langsung atau real-time.

Jenis database ini memungkinkan para pengguna dapat operasi manajemen data seperti melakukan, melihat, dan memodifikasi data.

B. Database Warehouse

Database Warehouse adalah sebuah sistem database atau basis data yang biasa digunakan untuk pelaporan dan analisis data. Sistem ini dianggap sebagai komponen inti dari business intelligence. Database Warehouse yang merupakan repositori sentral data yang terpadu dari satu atau lebih sumber yang berbeda.

Database tersebut juga menyimpan data terkini dan historis dengan satu tempat yang digunakan untuk membuat laporan analisis.

C. Distributed Database

Distributed Database adalah basis data yang perangkat penyimpanannya tidak terpasang pada perangkat komputer yang sama. Basis data tersebut disimpan di beberapa perangkat komputer yang terletak di tempat yang sama atau tersebar melalui jaringan komputer lainnya yang saling berhubungan.

Sistem ini tidak sama dengan sistem paralel yang menggabungkan erat dan bersistem data tunggal. Sistem ini terdistribusi melalui situs yang tergabung dan tidak memiliki komponen fisik.

D. Relational Database

Relational Database atau basis data relasional adalah basis data yang mengorganisir berdasarkan model hubungan data. Banyak sekali perangkat lunak yang menggunakan sistem ini untuk mengatur dan memelihara basis data melalui hubungan setiap data.

Umumnya, semua sistem menggunakan Structured Query Language (SQL) sebagai bahasa pemrograman untuk pemeliharaan basis data dan query.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai Apa Itu Database dan Fungsinya nyatanya peran database atau basis data dalam dunia teknologi informasi sangat penting, dengan menggunakan database kita dapat mempermudah proses penyimpanan maupun pengelolaan data. Semoga bermanfaat sampai jumpa di artikel berikutnya 😀

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here