apa itu freelancer atau pekerja lepas
Apa Itu Freelancer Atau Pekerja Lepas

Apa Itu Freelancer Atau Pekerja Lepas – Apa yang dimaksud dengan freelancer, pengertian freelancer atau pekerja lepas?.

Seiring perkembangan zaman banyak sekali perubahan yang di alami manusia baik dari segi budaya, ekonomi, sosial dan lain sebagainya. termasuk juga dalam bidang profesi atau pekerjaan.

Hal tersebut sebagian besar dipengaruhi oleh masif nya perkembangan teknologi, adapun teknologi membawa pengaruh positif maupun negatif terhadap kehidupan manusia.

Pada bidang profesi atau pekerjaan banyak munculnya profesi dan lapangan kerja baru yang di sebabkan perkembangan dari teknologi, salah satunya adalah freelancer atau pekerja lepas.

Apa itu freelancer atau pekerja lepas.?, pada artikel kali ini kita akan sedikit mengulas informasi mengenai apa itu freelancer atau pekerja lepas, check this out 😀

Apa Itu Freelancer Atau Pekerja Lepas

pengertian dan tujuan rekayasa perangkat lunak apa itu freelancer

1. Pengertian Freelancer

Freelancer adalah seorang pekerja yang melakukan sebuah pekerjaan tanpa terikat kontrak, tetapi tetap memiliki ikatan kerja sesuai kesepakatan kedua belah pihak. Contoh pekerjaan freelance yang bisa ditawarkan adalah jasa atau keahlian, misalnya pembuatan website, pembuatan video, desain grafis, jasa undangan digital, dan lain sebagainya.

Dikarenakan tidak terikat dengan kontrak dan waktu, seorang freelancer dapat bekerja untuk beberapa project atau klien sekaligus dalam satu waktu, yang terpenting bisa memanajemen pekerjaan dengan baik.

Misalnya, Anda adalah seorang freelancer jasa undangan digital. Anda mengambil proyek pembuatan undangan digital pada klien A. Bersamaan dengan itu, Anda juga mengambil proyek pembuatan undangan digital pada klien B.

Selama Anda bisa dan sanggup menyelesaikan kedua proyek tersebut sesuai dengan kesepakatan, kenapa tidak? Dengan begini, Anda pun bisa mendapatkan penghasilan dan pengalaman lebih banyak.

Karena fleksibilitasnya, profesi sebagai freelancer memiliki banyak sekali peminat. Di indonesia pertumbuhan akan freelancer meningkat sangat pesat seiring dengan banyak nya permintaan profesi dan perkembangan teknologi.

2. Kelebihan Freelancer

Setelah kita membahas apa itu freelancer atau pekerja lepas, selanjutnya kita akan mengulas beberapa kelebihan menjadi seorang freelancer, yaitu sebagai berikut :

1. Bebas Mengatur Waktu Dan Diri Sendiri

Anda dapat mendapatkan kenyamanan rumah dan seisinya sambil bekerja. Sangat fleksibel sekali bukan, sebab anda bisa bekerja secara penuh atau paruh waktu pada proyek-proyek pilihan anda sendiri.

Bekerja keras atau santai tanpa aturan seperti dikantor. Pakaian? Bebas juga tentunya. Bahkan anda bisa bekerja sembari jalan-jalan ke mall.

Anda juga bebas membangun proyek dengan cara seperti apa yang anda inginkan, yang penting sesuai dengan perjanjian awal dengan klien anda.

2. Mendapatkan Bayaran Sesuai Proyek

Freelancer memungkinkan kita untuk menetapkan harga/bayaran yang kita inginkan sesuai dengan tingkat kesulitan proyek yang akan digarap. Berbeda dengan pegawai yang mungkin mendapatkan gaji flat atau sama setiap bulannya.

Jadi anda bisa memastikan apakah biaya pengeluaran sudah tertutupi dan mendapatkan keuntungan yang setara dengan waktu, usaha dan hasil yang anda berikan terhadap klien anda.

3. Lebih Mudah Memulainya

Hampir sama seperti dengan melamar pekerjaan, mereka akan menerima jika anda memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan mereka baik perusahaan/personal. Untuk menjadi freelancer, perlu dipastikan anda memiliki kemampuan untuk menyediakan layanan atau jasa tertentu sesuai bidang yang anda kuasai.

Hanya dengan persyaratan tersebut anda sudah bisa memulai menjadi seorang freelancer. Dalam arti, anda tidak perlu repot mempersiapkan modal yang cukup besar layaknya memulai bisnis atau jasa lainnya.

4. Bebas Memilih Klien Dan Proyek

Anda tentunya bebas memilih proyek dari klien mana yang akan diambil. Bahkan anda bebas juga jika ingin mengambil semuanya. Dengan kata lain, anda dapat menentukan proyek mana saja yang akan dikerjakan, akan tetapi pastikan semuanya terselesaikan sesuai dengan kesepakatan.

Intinnya, anda bebas memilih mulai dari memilih proyek yang paling mudah sampai yang paling sulit. Dimana hal itu tidak akan kamu dapatkan dengan menjadi pegawai tetap.

5. Mendapatkan Keseimbangan Antara Pekerjaaan dan Kehidupan Pribadi

Fakta bahwa menjadi pekerja lepas dapat bebas atau mengatur pekerjaannya, pada akhirnya mengarahkan kita untuk lebih menguasai diri sendiri dan lebih ahli dalam bidang yang sudah dikuasai.

anda dapat mengamati pertumbuhannmu setiap waktu dan memilih kemana arah cabangnya. Ketika kamu dapat melakukan apa yang ingin kamu lakukan, itu adalah kebahagiaan yang tidak semua orang bisa dapatkan.

Demikianlah pembahasan kita mengenai apa itu freelancer atau pekerja lepas, kita juga sudah membahas beberapa kelebihan menjadi seorang freelancer. Sekian artikel kali ini sampai jumpa di artikel berikutnya 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here