apa itus vps server

Apa Itu VPS Server, Pengertian, Fungsi Dan Kelebihan –  Virtual Private Server atau VPS adalah sebuah komputer server yang menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi sumber daya server fisik menjadi beberapa server virtual yang di hosting di infrastruktur fisik yang sama.

Pengetahuan tentang apa itu vps server sangat penting karena pada saat ini web hosting tidak hanya digunakan oleh perusahaan tetapi juga mudah dimiliki oleh pribadi atau tiap individu.

Apalagi sekarang dengan adanya berbagai tawaran VPS murah yang dapat memudahkan anda untuk mengembangkan website untuk berbagai macam kebutuhan.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Apa Itu VPS Server, Pengertian, Fungsi Dan Kelebihan 😀

Apa Itu VPS Server, Pengertian, Fungsi Dan Kelebihan

1. Pengertian VPS

apa itu vps server apa itu vps hostingDilansir dari Wikipedia apa itu VPS Server atau VPS Hosting adalah teknologi sisi peladen tentang sistem operasi dan perangkat lunak yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar dibagi ke beberapa mesin virtual.

Tiap mesin virtual ini melayani sistem operasi dan perangkat lunak secara mandiri dan dengan konfigurasi yang cepat. Peladen terdedikasi virtual (virtual dedicated server/VDS) juga memiliki arti yang serupa.

Definisi lain dari apa itu vps server yaitu sebuah server pribadi yang keseluruhan resource atau sumber daya nya hanya digunakan oleh satu pengguna saja dan tidak dipengaruhi oleh pengguna yang lain.

Pengguna dapat mengelola secara penuh termasuk semua konfigurasi dan resource yang ada pada VPS dan melakukan apa pun yang diinginkan. Teknologi yang digunakan VPS adalah virtualisasi hardware server fisik yang kemudian dibagi menjadi beberapa resource berbeda.

Disebut virtual karena pembagian resource server dilakukan dengan menggunakan software sehingga dalam satu server fisik bisa terdapat beberapa VPS yang dijalankan.

Virtualisasi menawarkan kemudahan untuk meng-host beberapa server dalam satu server fisik. Setiap server dapat memiliki tujuan dan berdiri sendiri dengan sistem operasi yang berbeda satu sama lain.

Hal ini dapat memberikan keuntungan yang signifikan dalam hal skalabilitas dan penghematan dari daya pemrosesan (processing power), RAM, dan disk space dengan biaya yang tentunya lebih rendah daripada menggunakan hardware fisik tradisional.

2. Fungsi VPS

apa itu vps server apa itu vps hostingSetelah mengetahui apa itu VPS Server, selanjutnya kita akan membahas mengenai beberapa fungsi dari Virtual Private Server (VPS), Berikut ada beberapa fungsi VPS yang paling banyak diterapkan oleh pengguna :

  • Server Website (Web Hosting)

Apa itu VPS server website?. Sebagian besar VPS digunakan untuk menjalankan halaman website atau disebut juga sebagai layanan web hosting.

Pengguna akan menggunakan VPS di saat layanan mereka membutuhkan resource yang relatif lebih tinggi. Biasanya sampai melewati batas penggunaan resource sehingga layanan seperti shared hosting tidak dapat memenuhi permintaan.

Sebagian besar pengguna yang menggunakan VPS adalah para developer yang memiliki klien atau perusahaan dengan load tinggi. Meskipun ada juga pihak pribadi yang menggunakan layanan VPS karena traffic ke website yang dikelolanya sudah sangat padat.

  • Server Remote Desktop

Apa itu vps server sebagai remote desktop..? Sebagian pengguna memanfaatkan VPS sebagai mesin yang menjalankan bisnis mereka. Pengguna yang menerapkan ini akan menaruh bot di dalam server.

Bot akan menjalankan perintah yang sudah ditanamkan secara otomatis dalam rentang waktu tertentu. Ketika Bitcoin masih menjadi pembicaraan yang hangat , banyak pengguna mencoba menggunakan VPS untuk menambang BitCoin.

Namun, hampir semua penyedia layanan VPS melarang penggunaan untuk tujuan seperti itu karena akan membuat server berada pada posisi load yang tinggi dalam waktu lama.

  • Sebagai File Hosting

Apa itu VPS hosting?. Selain file halaman website, VPS juga dapat menyimpan file-file pribadi agar dapat diakses menggunakan jaringan internet di mana saja dan kapan saja.

Sebagian besar file hosting hanya diperbolehkan pada layanan VPS saja dan tidak diizinkan pada layanan seperti shared hosting karena hanya akan membebani server dan tentu saja mengganggu pengguna yang lain.

Besarnya kapasitas penyimpanan pada VPS tergantung pada paket yang digunakan pengguna. Semakin besar disk space, semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan untuk berlangganan per bulannya.

  • Hosting Aplikasi

Programmer atau developer pasti tau apa itu vps server dan biasanya mereka akan melakukan pengembangan dan pengetesan aplikasi yang sedang dikembangkannya hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan VPS yang dimanfaatkan sebagai hosting aplikasi.

Fungsi VPS sebagai Uji coba aplikasi. Sebagian programmer akan melakukan uji coba aplikasi yang mereka buat di server VPS

VPS juga dapat digunakan untuk membangun custom mission critical software tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi.

  • Layanan VPN

Ada juga beberapa pengguna yang memanfaatkan layanan VPS untuk dijadikan sebagai server Virtual Private Network (VPN).

VPN adalah sambungan koneksi pribadi yang hanya bisa digunakan oleh pengguna terdaftar yang memiliki username dan password untuk melakukan sambungan/koneksi.

VPN membutuhkan sebuah server yang mampu berfungsi sebagai penghubung antar perangkat. Server VPN ini dapat berupa komputer atau VPS yang sudah terinstall VPN server di dalamnya.

  • Mesin Percobaan

Pada proses pengembangan website, terkadang Anda harus melakukan pengetesan yang mencakup kebutuhan sistem yang akan dijalankan dan sesuai dengan rancangan bisnis.

Dengan adanya VPS, segala bentuk kekurangan dapat diubah dan di atasi secepat mungkin. Selain itu, spesifikasi ini akan memudahkan pengembang/developer untuk menggunakan hosting yang sesuai dengan kebutuhan proyek yang dijalankan.

  • Backup Server Utama

Semua server rentan terhadap kehilangan data. Hal itu bisa terjadi karena adanya kesalahan konfigurasi bahkan pembobolan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Fungsi VPS sebagai Backup Server Utama adalah untuk melindungi data-data di server agar tidak hilang seperti gambar, file dan database. Karena sering kali server utama mengalami error, sehingga ada beberapa data yang hilang. Jadi VPS ini dapat digunakan untuk mem-backup data.

Virtual Private Server (VPS) memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya sebagai alternatif shared hosting yang dapat digunakan untuk menyimpan dan dijadikan sebagai web server. Saat menggunakan VPS maka sumber daya yang digunakan tidak terpengaruh dengan pengguna yang lain.

3. Kelebihan VPS

apa itu vps pengertian vpsSetelah kita mengetahui Apa Itu VPS Server beserta beberapa fungsinya, Berikutnya kita akan membahas kelebihan VPS, yaitu sebagai berikut :

  • Resources Tinggi Dan Lebih Terjamin

Dengan menggunakan Virtual Private Server (VPS), sumber daya atau resource server seperti bandwidth dan RAM akan dialokasikan secara khusus untuk website Anda, Jadi nantinya Anda tidak perlu berbagi resources dengan pengguna lain.

  • Performa Cepat

Skema dedicated resources yang diusung oleh VPS hosting menghasilkan performa server yang secara signifikan lebih reliabel dan cepat. Anda juga tidak lagi perlu khawatir kalau virtual machine Anda akan mengalami fluktuasi atau downtime karena terpengaruh oleh pengguna lain.

  • Lebih Fleksibel  

Yang paling spesial dari VPS hosting adalah, Anda hanya perlu menyewa dan membayar sumber daya server yang Anda butuhkan dan dapat melakukan penambahan datau pengurangan sumber daya hal itu tentunya menjadikan VPS lebih fleksibel.

Dan nantinya jika perusahaan Anda berkembang dan membutuhkan resources tambahan, Anda bisa melakukan upgrade dengan meningkatkan skala bandwidth, disk space, CPU, maupun sumber daya server lainnya dengan mudah.

  • Kemudahan Manajemen Kontrol

Meskipun Anda nantinya akan berbagi server dengan pengguna yang lain, Biasanya anda akan tetap memperoleh akses SSH dan root ke server Anda.

Selain itu, Anda juga bebas memilih sistem operasi dan aplikasi yang dipasang, sekaligus mengatur konfigrasi nya sesuai kebutuhan.

  • Privasi Dan Keamanan Terjamin

VPS menjamin privasi dan keamanan files maupun databases Anda. Meski dalam satu server fisik, pengguna lain tidak akan bisa mengakses data Anda, dan begitu pula sebaliknya.

Ditambah lagi, adanya fitur backup juga jadi jaminan jika files Anda terlindungi dengan baik dan bisa dipulihkan dengan cepat ketika menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah itulah tadi pembahasan kita mengenai Apa Itu VPS Server, Pengertian, Fungsi Dan Kelebihan anda telah mengetahui apa itu vps server beserta fungsi dan kelebihan nya, semoga bermanfaat sampai jumpa di artikel berikutnya dan terima kasih kunjungannya 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here