cara install composer di linux

Cara Install Composer Di Linux – Composer adalah aplikasi manajemen paket untuk bahasa Pemrograman PHP yang menyediakan format standar untuk mengelola dependensi PHP dan pustaka-pustaka yang diperlukan. Composer dikembangkan oleh Nils Adermann dan Jordi Boggiano, yang perkembangannya masih terus lanjutkan sampai sekarang.

Jika Bahasa pemrograman PHP menggunakan Composer sebagai dependency manager, Maka sama halnya seperti Ruby yang menggunakan Gem, Java menggunakan Maven and Gradle dan seluruh komunitas Java Script berfokus pada npm. Dependency manager memungkinkan kamu untuk membuat dan mengambil library pada project PHP kamu pada library packagist.org. Packagist.org sendiri merupakan situs yang menyediakan banyak libary yang bisa kamu gunakan. Dengan bantuan tools tersebut kamu bisa terhubung pada situs packagist.org dan kamu dapat mengambil dan mengupload library.

Dengan menggunakan composer kita dapat lebih mudah melakukan manajemen paket seperti, mendownload library dan framework untuk project php, Composer bersifat multi-platform artinya kita dapat melakukan instalasi composer pada sistem operasi manapun baik itu windows, mac os maupun linux, Cara install composer juga relatif mudah bahkan untuk pemula sekalipun, Situs resmi composer dapat anda kunjungi di https://getcomposer.org/

Cara Install Composer Di Linux

  1. Buka Terminal, Buka terminal di linux anda, disini saya menggunakan Linux Mint 20.0.1 Ulyssa
  2. Hidupkan Koneksi Internet, untuk mendownload composer anda harus menghidupkan koneksi internet terlebih dahulu, lalu ketik/copy perintah dibawah ini
php -r "copy('https://getcomposer.org/installer', 'composer-setup.php');"

perintah tersebut digunakan untuk mengcopy file installer composer-setup.php dari https://getcomposer.org/installer. Setelah di ketik/copy ke terminal kemudian tekan ENTER, jika tidak ada error maka lanjut ke langkah selanjutnya.

php -r "if (hash_file('sha384', 'composer-setup.php') === '756890a4488ce9024fc62c56153228907f1545c228516cbf63f885e036d37e9a59d27d63f46af1d4d07ee0f76181c7d3') { echo 'Installer verified'; } else { echo 'Installer corrupt'; unlink('composer-setup.php'); } echo PHP_EOL;"

Ketik/copy perintah di atas ke terminal lalu tekan ENTER, perintah ini digunakan untuk memverifikasi paket composer-setup.php jika sukses verifikasi akan muncul notice verified di terminal. Lanjut ke langkah berikutnya. Ketik/copy perintah dibawah ini

php composer-setup.php

Perintah di atas menginstruksikan agar PHP melakukan install pada file composer-setup.php yang di awal sudah kita download tadi, Pada tahap ini proses install akan berlangsung lamanya proses tergantung dengan koneksi internet anda, Jika sudah selesai eksekusi perintah dibawah ini.

php -r "unlink('composer-setup.php');"

Perintah tersebut berfungsi untuk menghapus file installer composer-setup.php yang sudah kita install anda bisa melewatkan perintah ini jika tidak ingin menghapus file installer composer nya, Direkomendasikan untuk dihapus saja hehe. Langkah terakhir ketik/copy perintah berikut

sudo mv composer.phar /usr/local/bin/composer

Perintah di atas digunakan untuk memindahkan file composer.phar ke folder /usr/local/bin/composer, berfungsi agar composer bisa di jalankan atau di eksekusi secara global di manapun dengan perintah composer,  Jika tidak dipindahkan anda harus mengetikkan composer.phar untuk menjalankan composer dan hanya dapat di eksekusi di path/folder default tempat composer di install, Coba jalankan composer dengan perintah composer di terminal.

cara install composer di linux

Nah itulah tadi Cara Install Composer Di Linux, Jangan segan-segan untuk meninggalkan komentar sampai jumpa di artikel berikutnya terima kasih dan semoga bermanfaat..!!!

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here