cara memasang template bootstrap di php

Cara Memasang Template Bootstrap Di PHP – Bootstrap adalah salah satu front-end framework atau framework css yang sengaja dibangun untuk memudahkan proses desain layout web dalam pengembangan atau pembuatan tampilan website.

Framework yang dulu pernah dikenal dengan sebutan twitter bootstrap ini dilengkapi dengan komponen-komponen website yang sudah siap pakai dan sering digunakan seperti button, breadcrumb, pagination, modal dialog, navigation bar dan lain-lain yang sangat memudahkan kita dalam melakukan proses desain tampilan suatu web.

Dengan menggunakan bootstrap kita dapat denggan mudah membuat fitur website responsive yang memungkinkan kita cukup membuat satu template website saja dan kita bisa memperoleh template yang bisa dibuka atau kompatibel diberbagai device seperti (laptop, handphone, atau tablet dan lain sebagainya). Anda dapat mengunjungi situs resmi bootstrap di https://getbootstrap.com

Akan tetapi jika hanya menggunakan bootstrap yang dibuat dengan HTML, CSS dan JavaScript kita tidak dapat menghasilkan website yang bersifat dinamis, jika hanya menggunakan bootstrap website yang dihasilkan masih berisfat statis, Bagaimana caranya agar website yang dikembangkan dengan boostrap menjadi dinamis…? Maka dari itu untuk membuat website dinamis kita membutuhkan bahasa pemrograman back-end seperti Bahasa Pemrograman PHP dengan menggunakan PHP kita dapat membuat website yang dihasilkan dengan boostrap menjadi dinamis.

Pada artikel kali ini kita akan memasang template bootstrap di php, kita akan menggunakan salah satu template bootstrap yaitu sb admin anda dapat mendownload nya secara gratis di https://startbootstrap.com/template/sb-admin, silahkan di download template nya terlebih dahulu, OK langsung saja kita mulai Cara Memasang Template Bootstrap Di PHP.

Cara Memasang Template Bootstrap Di PHP

1. Buka Text Editor dan Buat Struktur Folder

Langkah pertama buka text editor favorit anda disini saya menggunakan Visual Studio Code, Buat folder tutorial-php di root web server anda seperti htdocs atau www dan folder lainnya seperti dibawah ini :struktur folder tutorial tmeplate bootstrap di php

  • assets, folder ini akan menyimpan resource assets dari template sb admin yang telah kita download seperti CSS, JavaScript dan beberapa library lainnya.
  • core, adalah folder yang digunakan sebagai inti dari sistem biasanya menyimpan koneksi ke database, function dll, Dalam artikel kali ini kita tidak akan melakukan perubahan pada folder core, kita hanya fokus pada pemasangan template bootstrap saja.
  • layout, folder layout merupakan folder yang akan menyimpan code template secara dinamis code template sb admin nantinya akan dipecah menjadi 2 bagian dan disimpan dalam file header.php dan footer.php.
  • index.php, file index.php adalah file default yg ditampilkan oleh web server nantinya file ini dapat bersifat dinamis.

2. Copy Source SB Admin Ke Folder assets

Selanjutnya ekstrak file zip template sb admin yang telah di download, kemudian copy folder berikut (css, js, demo, img) ke folder assets yang berada di folder tutorial-php, pastikan tidak ada folder yang tertinggal, nantinya struktur folder akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

struktur folder

3. Proses Pemasangan Template Bootstrap (SB Admin) Di PHP

Kita masuk ke proses pemasangan template bootstrap sb admin, pertama buka file index.html yang ada di folder sb admin yang telah di ekstrak, copy code bagian header dan menu dari template tersebut ke file layout/header.php yang ada di dalam folder tutorial-php jangan lupa mengarahkan resource url ke folder assets, berikut full source code untuk file header.php

Selanjutnya copy atau salin source code berikut untuk bagian file footer.php

Terakhir untuk file index.php isikan dengan source code berikut

Jalankan source code nya di web browser dengan cara ketik localhost/tutorial-php di tab pencarian browser lalu tekan enter, Berikut tampilan template yang sudah dipasang secara dinamis.

cara memasang template bootstrap di phpPada source code di file index.php tersebut sudah saya beri komentar sebagai penjelas, Jika anda ingin memuat halaman lain seperti halaman crud.php, buat file crud.php sejajar dengan index.php kemudian deklerasikan judul lalu include kan header.php dan footer.php, di tengah-tengah anda dapat menyisipkan source code untuk crud.php sesuai kengingin, Kurang lebih seperti dibawah ini

Itulah tadi Cara Memasang Template Bootstrap Di PHP,  Terima Kasih semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here