magang di bank
Wajib Simak, Kriteria Yang Harus Dimiliki Untuk Magang Di Bank

Magang di bank merupakan impian bagi sebagian besar  mahasiswa dan juga siswa dari sekolah menengah kejuruan (SMK). Perguruan tinggi dengan jurusan tertentu mewajibkan kepada mahasiswanya untuk melakukan praktek kerja pada instansi tertentu atau diistilahkan dengan magang. Tetapi magang bukan hanya ada di ranah perguruan tinggi saja untuk siswa SMK juga diwajibkan untuk magang pada akhir masa pendidikannya.

Magang di bank bagi para mahasiswa atau siswa dimaksudkan agar mereka dapat mempraktekkan segala ilmu yang telah mereka terima selama masa pendidikan dalam bentuk teori-teori. Nah dengan magang diharapkan mereka dapat mengimplementasikan ilmunya secara langsung baik dalam hal mengelola surat, membuat pembukuan, mengoperasikan komputer dan kegiatan lainnya.

Kriteria yang harus dimiliki untuk Magang di bank

Magang di bank sangat diminati oleh para mahasiswa atau siswa.  Biasanya mahasiswa dan siswa yang memiliki nilai terbaik yang  dapat rekomendasi untuk magang di bank.  Namun bagi anda yang ingin bisa magang di bank berikut kriteria yang harus dimiliki  :

  1. Mahasiswa/siswa yang memiliki prestasi yang baik

Magang di bank akan diperuntukkan pada mahasiswa/siswa yang memiliki prestasi belajar yang baik.  Hal ini bisa dilihat dari nilai IPK bagi mahasiswa atau nilai rapot bagi siswa.  Karena walaupun hanya untuk magang tetapi di bank membutuhkan mahasiswa/siswa yang memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan semua aktifitas yang ada di perbankan.  Karena sebagaimana diketahui aktifitas di perbankan selalu disibukkan dengan kegiatan dalam memberikan pelayanan kepada para nasabanya. Selain itu semua pekerjaan yang ada harus dilakukan dengan cepat dan tepat.

  1. Mahasiswa/siswa diutamakan dari Jurusan yang linear dengan perbankan

Kriteria lainnya yaitu sesuai dengan jurusan yang diambil pada saat di perguruan tinggi.  Sebagaimana diketahui umumnya di perbankan membutuhkan tenaga yang memiliki kemampuan dibidang pengeloaan keuangan seperti membuat pembukuan, mengelola uang masuk dan keluar milik nasabah. Kalau mahasiswa yang berasal dari jurusan perbankan mungkin semua sudah diajarkan dalam materi kuliah sehingga saat magang dapat langsung melakukannya.  Selain jurusan keuangan keterampilan yang juga sangat dibutuhkan pada saat magang di perbankan yaitu untuk jurusan teknologi informasi.

  1. Memiliki tingkat kedisiplinan yang baik

Magang di bank selain para mahasiswa memiliki nilai yang baik tetapi hal lain yang juga sangat penting dimiliki jika ingin magang di bank yaitu kedisiplinan.  Nilai dan prestasi yang baik belum bisa menjamin seseorang itu akan bekerja dengan baik.  Karena bekerja sangat dibutuhkan kedisiplinan tidak hanya kedisiplinan saat hadir di kantor tetapi disiplin dalam menyelesaikan pekerjaan.  Karena bagaimanapun perbankan berorientasi dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Nasabah pasti tidak ingin untuk mempercayakan dananya bila bank itu tidak tepat waktu dalam melakukan aktifitasnya.

  1. Berpenampilan menarik

Kriteria lainnya yang harus dimiliki bagi mahasiswa/siswa yang ingin magang di bank yaitu berpenampilan menarik. Berpenampilan menarik tidak berarti harus mempunyai badan yang tinggi, muka yang glowing dan baju yang mewah.  Tetapi disini para mahasiswa sebisa mungkin harus bisa menjaga kerapian dalam berpakaian, juga kebersihan diri sehingga para nasabah tidak merasa enggan dekat dengan anda.  Ingat karena di perbankan banyak memberikan layanan agar nasabah merasa puas dan akan kembali untuk melakukan transaksi di perbankan.

Magang di bank akan menjadi kenyataan jika anda sebagai mahasiswa/siswa memiliki kriteria ini.  Tetapi jangan berkecil hati jika anda tidak terpilih sebagai salah satu mahasiswa/siswa yang bisa magang di bank.  Karena bagaimanapun juga keputusan akhir ada pada para pengelola baik yang ada diperguruan tinggi ataupu di SMK. Mereka yang akan memutuskan siapa yang akan mendapat rekomendasi untuk magang di bank.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here