cara memasang template bootstrap di php

Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) – PHP adalah bahasa pemrograman yang bersifat open-source biasanya digunakan dalam pembuatan atau pengembangan sistem atau aplikasi berbasis web, PHP (Hypertext Preprocessor) sebelumnya disebut dengan Personal Home Pages Sejak versi 3.0 nama bahasa ini diubah menjadi PHP Hypertext Prepocessor dengan singkatannya PHP Fungsi PHP secara umum yaitu untuk membuat halaman web yang statis menjadi halaman dinamis, anda dapat mengunjungi situs resmi php di https://www.php.net.

PHP banyak dipakai untuk mengembangkan sistem atau aplikasi web dinamis. PHP merupakan bahasa pemrograman server-side, maka script dari PHP nantinya akan diproses di server. Jenis server yang biasanya digunakan bersamaan dengan PHP antara lain seperti Apache, Nginx, dan LiteSpeed. Pada artikel kali ini kita akan belajar mengenai Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) khususnya untuk para pemula yang baru ingin belajar pemrograman web 😀

Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor)

1. Alasan Mengapa Menggunakan PHP

PHP diciptakan Rasmus Lerdorf di tahun 1995. Bahkan platform besar seperti Facebook juga menggunakannya, CMS populer seperti WordPress juga dibuat dengan PHP. Saat ini menurut W3Techs kurang lebih 79.1% sistem atau aplikasi berbasis web dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP tentunya PHP sangat banyak digunakan apalagi sekarang PHP sudah merilis versi terbaru yaitu PHP versi 8 yang di klaim jauh lebih baik dari versi sebelumnya, Lantas apa yang membuat PHP begitu populer..? Mengapa menggunakan PHP yang sudah berumur lebih dari dua dekade ini? Berikut beberapa alasannya :
  • PHP bersifat open-source,  siapapun bisa menggunakan PHP tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.
  • Kecepatan tinggi, PHP terbukti bisa meningkatkan kecepatan loading dibanding bahasa lain. Misalnya, lebih cepat tiga kali daripada Phyton pada beberapa kasus.
  • Mendukung banyak database, PHP bisa digunakan di hampir semua jenis database. Mulai dari MySQL, hingga non-relational database seperti Redis.
  • Kompatibilitas yang baik dengan HTML, Script PHP tidak mengganggu HTML sama sekali. Justru mereka berdua saling melengkapi, PHP dapat dengan mudah disisipkan dalam HTML.
  • Fleksibilitas tinggi, PHP bisa dikombinasikan dengan banyak sekali bahasa pemrograman lain. Sehingga bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.
  • Multi-platform, PHP bisa Anda gunakan di macam-macam sistem operasi. Mulai dari Windows, Linux, hingga MacOS.
  • Selalu diperbarui, Sejak pertama kali muncul tahun 1995, sekarang PHP sudah berada pada versi 8.0.8.
  • Mendukung layanan cloud, Siapa sangka, walaupun umur PHP hampir sudah tua, tapi ia masih bisa mendukung layanan cloud dengan skalabilitas yang baik dan stabil.

2. Fungsi Bahasa Pemrograman PHP

Secara umum, fungsi Bahasa Pemrograman PHP yaitu dapat digunakan untuk pengembangan website. Baik website yang statis seperti profil perusahaan yang tidak membutuhkan banyak fitur. Ataupun website dinamis seperti toko online dengan segudang fitur pendukung. Akan tetapi, penggunaan PHP tidak terbatas pada pengembangan website saja. Karena fleksibilitasnya yang tinggi, PHP juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi komputer berbasis web sekalipun. seperti aplikasi kasir (point of sale), sistem kepegawaian, aplikasi absensi dan masih banyak lagi, Keren juga, ya 😁.

3. Contoh Script Penggunaan PHP

Selanjutnya dalam pengenalan bahasa pemrograman php, kali ini Muba Teknologi akan memberikan sedikit contoh atau gambaran bagaiman PHP bisa digunakan bersamaan dengan tag HTML, Setiap bahasa pemrograman memiliki aturan coding sendiri. Begitu pula dengan PHP. Sintaks dasarnya dibuka dengan <?php dan ditutup dengan ?>, Berikut adalah contoh penggunaan PHP dengan HTML :

Berikut hasil script code di atas yang saya jalankan di web server apache

pengenalan bahasa pemrograman php

Penjelasan :

  • <?php ini adalah kode wajib untuk membuka atau mendeklerasikan program PHP.
  • echo adalah sebuah perintah untuk menampilkan teks.
    “Pengenalan PHP Muba Teknologi”; teks yang hendak ditampilkan dan ditulis diantara tanda petik dan titik koma.
  • ?> adalah kode untuk mengakhiri PHP dan wajib digunakan saat digabung dengan bahasa pemrograman lain seperti HTML, Jika hanya ingin menulis kode program php maka ?> boleh tidak diketikkan, Perhatikan bahwa script PHP bersifat Case Sensitive maka penggunaan huruf besar dan kecil sangat berpengaruh pada output yang dihasilkan.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) pada intinya PHP memiliki syntax dasar yang sederhana. Pada penggunaannya, PHP bisa digabungkan dengan bahasa pemrograman lain, seperti HTML, CSS, dan Javascript dan bahasa pemrograman ini juga mampu bekerja dengan baik bersamaan dengan Database seperti MySQL, Sekian pembahasan kita mengenai Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) sampai jumpa di artikel berikutnya, Semoga Bermanfaat 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here