pengenalan mysql dan phpmyadmin untuk pemula

Pengenalan MySQL Dan PhpMyAdmin Untuk Pemula – Apa itu MySQL dan PhpMyAdmin..?, Untuk para Programmer, Developer atau seseorang yang berprofesi di bidang IT harus paham atau setidaknya mengetahui tentang MySQL dan PhpMyAdmin.

Pengetahuan mengenai MySQL dan PhpMyAdmin sangat penting untuk dipahami pemula yang hendak terjun dalam dunia IT apagi jika ingin fokus terhadap pengembangan software dan analisis data.

Dalam artikel kali ini kita akan mengulas beberapa pengetahuan dasar tentang mysql dan phpmyadmin untuk pemula. OK langsung saja kita mulai 😀

Pengenalan MySQL Dan PhpMyAdmin Untuk Pemula

1. Pengenalan MySQL

pengenalan mysql
https://www.mysql.com

MySQL adalah sebuah software / perangkat lunak yang merupakan Database Engine atau Server Database yang mendukung bahasa database pencarian SQL (Structure Query Language). Definis lain MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data Structured Query Language (SQL) atau Database Management System (DBMS) yang multithread, multi-user.

Intinya MySQL adalah sebuah server database untuk menyimpan data-data yang dapat dikelola kembali menjadi sebuah informasi, MySQL banyak digunakan saat ini dalam pembuatan aplikasi berbasis website.

Alasan Mengapa Menggunakan MySQL

Dibawah ini adalah beberapa alasan utama mengapa kita menggunakan MySQL :

1. Mendukung Integrasi Dengan Banyak Bahasa Pemrograman

Software atau Perangkat Lunak terkadang dikembangkan dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman bukan hanya satu bahasa pemrograman, jadi anda tidak perlu khawatir jika menggunakan MySQL, Karna MySQL banyak mendukung atau support dengan bahasa pemrograman.

Karena itulah, MySQL bisa menjadi pilihan dan dapat membantu anda untuk mengembangkan software / perangkat lunak seperti aplikasi berbasis web, yang lebih efektif dan tentunya lebih mudah dengan integrasi banyak bahasa pemrograman.

Anda dapat mengunjungi situs resmi MySQL di https://www.mysql.com

2. Menggunakan Sedikit Penyimpanan Saat Dijalankan

MySQL dapat dipasang dan dijalankan pada server dengan spesifikasi  yang kecil atau rendah. Jadi tidak perlu khawatir jika anda hanya mempunyai server dengan kapasitas 1 GB RAM saja karena anda masih bisa menggunakan MySQL sebagai database server yang handal akan tetapi direkomendasikan menggunakan RAM yang lebih besar.

3. Lisensi Open Source Atau Bebas Digunakan

MySQL merupakan database server yang gratis artinya bebas digunakan. Meskipun software gratis, bukan berarti MySQL mempunyai kualitas yang buruk. Apalagi lisensi gratis yang dipakai adalah GPL di bawah pengelolaan perusahaan terkemuka yaitu Oracle sehingga kualitasnya termasuk baik untuk software gratisan hehe 😀

Selain itu, ada juga MySQl Enterprise versi berbayar dengan fitur dan dukungan yang lebih lengkap, Jika merasa kurang dengan versi gratis dan dapat memli MySQL versi berbayar.

Kamu juga tidak perlu khawatir dalam belajar atau jika terjadi masalah karena banyaknya komunitas, forum dan dokumentasi yang membahas seputar MySQL.

4. Mendukung Banyak Pengguna Atau Multi User

Hebatnya MySQL juga fleksibel bisa digunakan oleh beberapa pengguna atau user dalam waktu yang  bersamaan tanpa membuatnya crash atau berhenti bekerja. Hal ini merupakan kelebihan MySQL dan dapat anda manfaatkan ketika mengerjakan proyek bersama dengan tim anda.

Sehingga seluruh anggota tim dapat bekerja dalam waktu bersamaan tanpa harus menunggu pengguna ata user lain selesai. dengan ini tentunya dapat menghemat waktu dan menjadikan proses pekerjaan seperti pengembang aplikasi menjadi lebih cepat.

5. Struktur Tabel Yang Fleksibel Dan Mudah Dipelajari Pemula

MySQL juga mempunyai struktur tabel yang simple sehingga mudah dipakai dan fleksibel. Contohnya saat MySQL memproses ALTER TABLE dan lain sebagainya. Jika dibandingkan dengan database lain seperti Oracle dan PostgreSQL, MySQL tergolong lebih mudah apalgi untuk para pemula.

Bukan hanya dalam struktur tabel dalam hal penggunaan atau user experience pun MySQL jauh lebih baik, desain layout pun sederhana sehingga lebih user friendly untuk dipelajari pemula.

2. Pengenalan PhpMyAdmin

pengenalan phpmyadmin
https://www.phpmyadmin.net

Selanjutnya yaitu Pengenalan PhpMyAdmin, yaitu sebuah software atau perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan pengelolaan manajemen database MySQL, Merupakan salah satu tool yang paling populer untuk mengelola database MySQL.

Jadi tidak ada salahnya untuk belajar PhpMyAdmin, karena software ini sedikit banyak dapat anda gunakan dalam pengembangan aplikasi berbasis web, PhpMyAdmin ini dirilis secara perdana pada tahun 1998 silam dan telah berlisensi General Public atau GNU.

Ditambah lagi, software ini juga support dengan multi lingual bahasa atau berbagai pilihan bahasa yang tersedia dalam user interface yang ada didalamnya. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan dan khawatirkan lagi tentang penggunaan dari software yang satu ini. Karena memang manfaat yang bisa anda temukan dan maksimalkan di dalamnya ada begitu banyak sekali pastinya.

Anda dapat mengunjungi halaman resminya PhpMyAdmin di https://www.phpmyadmin.net.

Alasan Mengapa Menggunakan PhpMyAdmin

Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa menggunakan PhpMyAdmin dalam pengembangan :

  1. PhpMyAdmin memiliki interface yang user-friendly dan intuitive yang mudah dipelajari. Dengan begitu, orang-orang dapat mempelajari dan membiasakan diri dengan fitur-fiturnya dengan mudah dan cepat.
  2. PhpMyAdmin memperbolehkan user memanfaatkan kebanyakan fungsi MySQL, termasuk mengelola database, menjalankan queries MySQL, mengeksekusi statement MySQL, mengelola user dan permission dan masih banyak lagi.
  3. Kemudahan Dalam Pengelolaan Data, Anda juga bisa mengimport dan mengexport data dari dan ke berbagai format.
  4. Dengan pre-defined fuctions, Anda bisa mengubah format data-data yang sudah tersimpan di database, sehingga lebih fleksibel jika ada perubahan data di kemudian hari.
  5. PhpMyAdmin bisa membuat graphics database dalam bentuk PDF, bersamaan dengan beberapa queries yang kompleks dibantu dengan query-by-example.

PhpMyAdmin juga memberikan efisiensi bagi para programmer atau web developer untuk menggunakan semua perintah / tulisan yang dituliskan dalam bahasa SQL yang sudah tersedia didalamnya. Yang harus anda lakukan hanya tinggal mengelola atau mengcopy-nya saja sesuai kebutuhan anda saat ini tanpa harus berinteraksi langsung dengan Command Line SQL semuanya bisa dilakukan melalui GUI.

Nah itulah tadi beberapa informasi atau pengetahuan dasar mengenai Pengenalan MySQL Dan PhpMyAdmin Untuk Pemula, Semoga bermanfaat terima kasih kunjungannya sampai berjumpa di artikel berikutnya 😀

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here