perbedaan codeigniter vs laravel

Perbedaan CodeIgniter VS Laravel Terbaru, Framework Mana Yang Lebih Baik – Framework atau (kerangka kerja) adalah istilah yang sering muncul dalam dunia web developer.

Framework adalah sebuah perangkat lunak/software untuk memudahkan para programmer membuat sebuah aplikasi atau sistem web yang mempunyai berbagai fungsi seperti, plugin, library dan konsep sehingga membentuk suatu sistem tertentu.

Dengan menggunakan framework banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan para web developer diantaranya seperti :

  • Mempercepat proses pengembangan aplikasi/sistem
  • Struktur Folder Yang Lebih Baik
  • Mempermudah Kolaborasi Dengan Tim
  • Adanya Dokumentasi Sebagai Panduan
  • Keamanan Lebih Terjaga

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Perbedaan CodeIgniter VS Laravel terbaru, Framework Mana Yang Lebih Baik, Dikarenakan banyak sekali pertanyaan yang kami jumpai di forum atau grup pemrograman khususnya pemrograman php yang sering membanding codeigniter vs laravel.

Ok langsung saja berikut ini perbedaan codeigniter vs laravel framework manakah yang lebih baik di akhir anda sendiri yang dapat memutuskan framework php mana yang cocok untuk proyek anda 😀

Perbedaan CodeIgniter VS Laravel Terbaru, Framework Mana Yang Lebih Baik

1. CodeIgniter

perbedaan codeigniter vs laravel terbaruCodeIgniter adalah salah satu Framework dari bahasa Pemrograman PHP Yang digunakan untuk mengembangkan atau membuat aplikasi software berbasis web, CodeIgniter merupakan salah satu framework php yang cocok untuk pemula karena mudah dipelajari.

CodeIgniter merupakan aplikasi sumber terbuka yang berupa kerangka kerja PHP dengan model MVC untuk membangun situs web dinamis dengan menggunakan PHP.

CodeIgniter dapat memudahkan web developer untuk membuat atau mengembangkan aplikasi berbasis web dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal.

CodeIgniter menggunakan arsitektur Model, View, Controller  atau yang sering disebut dengan MVC. Selain itu, framework ini juga menambahkan logika layer ke dalam aplikasi web Anda.

Layer ini berguna saat memparalelkan proses tertentu pada proses pengembangan aplikasi web dan berkontribusi terhadap desain aplikasi yang lebih bersih. Inilah yang membuat aplikasi web yang dikembangkan dengan CodeIgniter terlihat sangat responsif terhadap perubahan bisnis.

Sekarang framework codeigniter sudah mencapai versi 4, Setelah sebelumnya proses pengembangan tertahan di codeigniter 3 yang sudah termasuk tua sebagai framework.

Dengan muncul nya versi terbaru yaitu codeigniter 4 banyak sekali perubahan atau update dari framework ini sehingga sudah sedikit sekali perbedaan codeigniter dan laravel karena keduanya sudah menganut konsep modern web framework.

2. Laravelperbedaan codeigniter dan laravel codeigniter vs laravelSama halnya dengan CodeIgniter, Laravel adalah salah satu web framework yang tersedia untuk  bahasa pemrograman PHP yang bersifat open source. Tingkat popularitas nya Laravel lebih tinggi daripada Codeigniter.

Laravel memiliki banyak fitur yang dapat kamu gunakan saat membuat atau mengembangkan aplikasi berbasis web, karena itulah mengapa laravel sangat bisa menjadi andalan untuk membuat aplikasi yang cukup besar atau kompleks.

Proses autentikasi sudah menjadi fitur yang umum di seluruh website yang terhubung ke internet. Laravel menyediakan pengembangan autentikasi yang di dalamnya terdapat fitur register, pengiriman reset password, dan ‘lupa password’.

Hanya dengan bebrapa perintah CLI (Command Line Interface) laravel bisa menyediakan fitur autentikasi lengkap dengan tampilan, tabel di database dan code controller nya.

Selain bisa diandalkan dalam membuat aplikasi yang kompleks dan memiliki banyak fitur, Laravel juga memiliki komunitas yang besar dan developernya sangat aktif, tercatat bahwa grup pemrograman laravel paling ramai dari grup framework lainnya baik dari facebook dan telegram.

Jadi saat kamu menemukan masalah dalam menggunakan framework laravel, Kamu bisa mencari solusi atau bertanya di forum komunitas laravel.

3. Perbedaan CodeIgniter Dan Laravel

Sebenarnya jika dilihat tidak terlalu banyak perbedaan antara framework codeigniter vs laravel ini dikarenakan core/inti bahasa pemrograman nya sama-sama menggunakan bahasa PHP.

Akan tetapi secara khusus yang paling membedakan antara codeigniter vs laravel adalah paket-paket yang tersedia di dalamnya, Sekaligus semua tergantung saat anda ingin menggunakan yang mana.

Sebagai developer kita juga harus banyak mempertimbangkan akan membuat sebuah aplikasi atau sistem web yang efisien dengan tools yang tepat, Berikut adalah perbedaan codeigniter dan laravel yang paling umum codeigniter vs laravel :

  • CodeIgniter jauh lebih kecil, Jika kamu membandingkan dari size kedua framework ini (codeigniter vs laravel) saat fresh download terlihat codeigniter jauh lebih ringan dibawah 5 MB anda sudah dapat sebuah framework php yang baik, Sedangkan Laravel jauh lebih besar kurang lebih 40 MB.
  • Laravel lebih lengkap, daripada Codeigniter secara logika ini sangat masuk akal jika laravel size nya jauh lebih berat ketimbang dengan codeigniter, itu semua dikarenakan laravel sudah kaya fitur ekosistem nya juga besar anda mungkin tidak asing lagi dengan namanya laravel livewire, laravel breze, laravel lumen dan lain sebagainya, Sebaliknya codeigniter terasa kecil dikarenakan belum adanya eksosistem pendukung seperti yang ada di laravel.
  • Laravel lebih instan, contoh kecilnya seperti ini saat ingin membuat model autentikasi laravel sudah menyediakan melalui perintah menggunakan yang namanya laravel artisan, hanya dengan mengetikkan perintah anda dapat membuat model autentikasi yang lengkap, Jika dibandingkan dengan codeigniter, harus mendownload library lain seperti myth/auth yaitu paket autentikasi yang di khususkan untuk codeigniter 4. Sebenarnya codeigniter juga ada yang namanya codeigniter spark tapi belum banyak fiturnya dan belum mendukung instan autentikasi.
  • CodeIgniter lebih mudah dipelajari, untuk anda yang merasa pemula di pemrograman web dan ingin mencoba sebuah framework codeigniter sangat direkomendasikan, Ini dikarenakan codeigniter lebih sedeharana penggunaanya dan tentunya lebih cocok untuk pemula, berbeda dengan laravel.

Jadi pilih codeigniter atau laravel 😀 jawaban tergantung dengan pilihan masing-masing yah, saran kami sebelum memulai silahkan analisa terlebih dahulu proyek yang akan dibuat cocok memakai framework yang mana.

Jika proyek nya simple bisa menggunakan codeigniter, apalagi jika ingin menghemat ruang di server tentunya codeigniter yang ringan jauh lebih direkomendasikan agar lebih ramah space/ruang di server.

dengan size yang kecil tentunya codeigniter lebih ringan baik di server maupun di web nya nanti, Tapi semuanya tergantung optimasi agar speed web yang dihasilkan lebih cepat.

Sebaliknya jika ingin framework yang sudah lengkap fiturnya maka laravel bisa menjadi pilihan, jika diliha dari skala proyek baik codeigniter ataupun laravel semuanya bisa membuat aplikasi web, Tinggal bagaimana anda yang menggunakannya.

Sistem atau aplikasi yang baik adalah yang bermanfaat dan mampu menjadi solusi sebuah problem permasalahan yang dihadapi jadi hasilnya itu tergantung dari pengembang bukan dari framework yang dipakai framework apapun yang dipakai bisa menjadi yang terbaik di tangan developer yang hebat.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Perbedaan CodeIgniter VS Laravel Terbaru, Framework Mana Yang Lebih Baik. Tidak ada perbedaan codeigniter dan laravel yang sangat mencolok keduanya hampir sama konspe nya apalgi codeigniter 4 dengan laravel 8.

Sampai sekarang ke 2 framework tersebut menjadi yang terbaik dan terpopuler saat ini. Semoga bermanfaat terimakasih telah berkunjung sampai jumpa di artikel berikutnya 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here