tips cara membuat surat lamaran kerja yang baik

Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik – Bagaiamana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar..?, Surat lamaran Kerja adalah salah satu faktor penting saat Anda sedang mencari pekerjaan, tentu saja yang perlu dibuat ketika melamar kerja adalah surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja juga dapat menentukan apakah Anda diterima kerja pada tempat yang Anda lamar atau tidak. Anda tentu harus mempromosikan diri Anda secara benar tanpa perlu mengada-ada yang tentu saja menjadi nilai tambah bagi perusahaan atau instansi yang akan menerima anda bekerja.

Tentunya anda harus menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar, artikel ini akan membahas tips cara membuat surat lamaran yang baik agar peluang kemungkinan diterima di perusahaan yang Anda inginkan semakin besar.

Hal ini dikarenakan begitu banyak orang yang memerlukan pekerjaan namun berbanding terbalik dengan lapangan kerja yang kurang tersedia. Sehingga untuk memasuki perusahaan/instansi yang Anda inginkan bisa saja menjadi susah karena banyak persaingan yang ketat.

Pada artikel kali ini kita akan membahas Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan diharapkan dapat bermanfaat untuk anda para pencari kerja 😀

Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik

tips cara membuat surat lamaran kerja yang baik1. Siapkan Dokumen Dan Berkas Pendukung

Tips cara membuat surat lamaran kerja yang baik di awali dengan menyiapkan dokumen dan berkas pendukung terlebih dahulu sebelum anda menulis lamaran kerja.

Dokumen dan berkas pendukung merupakan poin penting yang sering dilirik HRD setelah membaca surat lamaran kerja anda, Dokumen atau berkas pendukung biasanya terdiri dari riwayat hidup, ijazah, transkrip nilai sertifikat penghargaan dan lain sebagainya.

2. Buat Surat Lamaran Sesuai Aturan Perusahaan atau Instansi

Tips yang kedua adalah membuat surat lamaran sesuai dengan aturan dari perusahaan atau instansi tempat anda akan melamar pekerjaan, Maksudnya lihat terlebih dahulu pada lowongan pekerjaan apakah ada aturan khusus surat lamaran pekerjaan nya seperti harus di tulis tangan atau harus di ketik.

Jangan sampai anda salah mengirim kan format atau aturan surat lamaran yang harusnya di ketik malah anda tulis dengan tangan, Ini sudah dapat mempengaruhi penilaian anda menurut HRD.

Jika tidak tau aturan surat lamaran nya apakah harus di ketik atau di tulis tangan anda dapat menghubungi contac person yang biasanya tertulis di poster, artikel lowongan kerja nya.

3. Gunakan Bahasa Baku Sesuai EYD

Selanjutnya gunakana bahasa yang baku sesuai EYD, apa itu EYD…? EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan adalah tata bahasa dalam Bahasa Indonesia yang mengatur penggunaan bahasa Indonesia dalam tulisan, mulai dari pemakaian dan penulisan huruf capital dan huruf miring, serta penulisan unsur serapan.

jangan sekali-kali menggunakan kata-kata yang baku atau tidak formal seperti gue, loe dan lain-lain. gunakan kata seperti saya, anda atau bapak/ibu dalam membuat surat lamaran kerja.

4. Buat Surat Lamaran Secara Urut

Tips cara membuat surat lamaran yang baik berikutnya yaitu buat surat lamaran secara urut, berikut ini adalah contoh urutan isi dalam surat lamaran :

  1. Tempat dan tanggal penulisan surat.
  2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
  3. Alamat lengkap perusahaan atau instansi tempat melamar juga tidak boleh dilewatkan.
  4. tulis posisi yang ingin anda lamar
  5. lampirkan biodata pribadi
  6. Ucapan salam pembuka.
  7. Kata penutup

Di atas merupakan salah satu contoh urutan atau langkah-langkah saat anda menulis isi surat lamaran pekerjaan, perhatikan di sini adalah saat yang tepat untuk anda meyakinkan HRD untuk menerima anda bekerja.

Tuliskan pengalaman pekerjaan anda sebelumnya atau jika anda seorang fresh graduate (lulusan baru) anda dapat menceritakan sedikit pengalaman capaian anda di kampus seperti organisasi dan sebagainya, intinya buatlah sebaik mungkin di isi dengan pencapaian dan kemampuan anda.

5. Kirim Lamaran Dengan Map atau Email Yang Baik

Tips cara membuat surat lamaran kerja terakhir adalah mengirimkan surat lamaran kerja beserta dokumen dan berkas pendukung menggunakan map atau email yang formal.

Maksudnya jika perusahaan meminta untuk mengirimkan surat lamaran dan berkas pendukung melalui pos atau langsung dituju ke perusahaan, gunakanlah map yang formal atau baik jangan menggunakan map yang kurang kualitas nya.

Selain itu jika perusahaan meminta untuk mengirimkan surat lamaran dan berkas pendukung melalui online atau lewat alamat email, gunakanlah alamat email yang baik tidak alay seperti [email protected] sebaliknya gunakan email yang baik seperti [email protected]

Dengan begitu lamaran anda akan terlihat lebih baik, professional dan respon HRD pun akan lebih terhadap anda.

Nah itulah tadi beberapa Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik semoga bermanfaat sampai jumpa di artikel berikutnya 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here