tips cara mengatasi ransomeware terbaru

6 Tips Cara Mengatasi Ransomeware Terbaru – bagaimana cara mengatasi virus ransomeware terbaru yang seringkali menyerang atau menginfeksi laptop/komputer kita..?

Perlu diketahui apa itu ransomeware, Ransomware yaitu salah satu malware yang terdiri dari dua kata, ransom (tebusan) dan malware, yang bertujuan untuk menuntut pembayaran untuk data atau informasi pribadi yang telah dicuri, atau data yang aksesnya dibatasi (enkripsi).

Saat ini, malicious software telah melakukan diversifikasi (usaha memperoleh keuntungan) dengan cara melakukan pemerasan uang kepada korban. Orang dapat berargumen bahwa ransomware adalah bentuk pemerasan sederhana yang digunakan untuk pemerasan secara massal.

Disebarkan ke banyak pengguna dan dibuat lebih efisien dengan memanfaatkan Cryptocurrency untuk anonymity sebuah transaksi. Pada artikel kali ini kita akan membahas 6 tips cara mengatasi ransomeware terbaru ūüėÄ

6 Tips Cara Mengatasi Ransomeware Terbaru

Berikut ini adalah beberapa tips cara mengatasi ransomeware :

1. Gunakan Antivirus

cara mengatasi ransomeware terbaruTips cara mengatasi ransomeware yang pertama yaitu dengan menggunakan antivirus, pastikan anda selalu menggunakan antivirus yang terpercaya dan selalu update.

Untuk menangani infeksi dari virus ransomeware, Anda perlu membersihkan perangkat Anda dengan menggunakan antivirus ransomware. Cara ini dapat dilakukan untuk menghilangkan ancaman virus yang masih aktif.

Anda bisa mengunduh terlebih dulu beberapa antivirus yang menyediakan fitur anti ransomeware, seperti ESET, Avast, Kaspersky, dan sejenisnya. Pastikan Anda menggunakan aplikasi yang asli dan legal untuk menghindari serangan virus serupa.

Setidaknya Anda telah mencegah virus ini menyerang kembali. Meskipun dengan cara ini tidak akan dapat mengembalikan file Anda yang telah terinfeksi dan rutin lakukan full scan antivirus setidaknya 1 minggu 1x guna mencegah hal-hal yang tidak di inginkan seperti virus ransomeware.

2. Jangan Sembarangan Mengunduh Software Atau Aplikasi

cara menghemat baterai hp cara mengatasi ransomewareTips selanjutnya adalah jangan sembarangan mengunduh software atau aplikasi, anda harus selalu berhati-hati saat ingin mengunduh/mendownload sebuah software atau aplikasi.

Disarankan untuk mengunduh aplikasi melalui situs resminya, dikarenakan hal tersebut dapat mengurangi resiko terkena ransomeware dan waspada jika didapati adanya email spam yang mencantumkan sebuah link atau url untuk di klik atau mengunduh sebuah file.

Periksa terlebih dahulu setiap link jika meragukan jangan mengunduh atau mengklik link tersebut.

3. Jangan Ikuti Perintah Hacker

pengenalan algoritma dan struktur data pemrogramanTips cara mengatasi ransomeware berikutnya yaitu jangan ikuti perintah hacker pembuat virsu ransomeware tersebut. Jika Anda mendapati perangkat Anda terinfeksi ransomeware, hal pertama yang perlu Anda ketahui yaitu jangan pernah membayar uang tebusannya.

Alasannya sederhana, Anda hanya akan membuat hacker senang dan lebih rajin melancarkan aksinya ke korban lain. Selain itu, tidak ada jaminan bahwa hacker akan membuka enkripsi file Anda setelah Anda membayarkan tebusannya.

Ditambah lagi, tebusan yang diminta tidak sedikit, bukan? Jadi sebisa mungkin, janganlah memenuhi permintaan hacker.

4. Gunakan Aplikasi Decryptor Ransomeware

decryptor ransomeware cara mengatasi ransomewareSetelah anda memastikan bahwa tidak ada lagi malware yang aktif pada perangkat. cara mengatasi ransomeware terbaru berikutnya yaitu mencoba mengembalikan file yang terkena virus.

File yang terenkripsi kemungkinan masih dapat dipulihkan menggunakan khusus yaitu aplikasi decryptor. Aplikasi decryptor adalah aplikasi yang dibuat khusus untuk membuka enkripsi dari sebuah file yang terinfeksi malware.

Decryptor tersebut akan mengurai sandi enkripsi sehingga Anda dapat membukanya. Beberapa software antivirus telah memiliki fitur decryptor tersebut, seperti Kaspersky, Avast, dan antivirus lainnya. Decryptor ini bisa jadi cara mengembalikan file yang terkena virus ransomware yang ampuh.

Namun, setiap tipe ransomware hanya dapat dibuka decryptor tertentu. Jadi, Anda tidak bisa asal pakai decryptor untuk membuka enkripsi file Anda.  Kalau Anda coba mengutak-atik sendiri tanpa mengetahui pemahaman yang mendalam, bisa-bisa file Anda tidak akan dapat dibuka selamanya.

Anda juga dapat mencoba periksa tipe ransomware yang menginfeksi perangkat anda di situs organisasi proyek No More Ransom.

Proyek tersebut merupakan salah satu cara untuk menangkal kejahatan ransomeware di seluruh dunia. Proyek ini dijalankan oleh para pakar cyber security dan juga para penegak hukum.

5. Aktifkan Firewall Pada Perangkat

tips mengatasi ransomeware terbaru firewallTips cara mengatasi ransomeware terbaru berikutnya adalah dengan mengaktifkan sistem firewall pada perangkat anda.

Jika anda menggunakan sistem operasi windows anda dapat mengaktifkan Windows Firewall yaitu merupakan salah satu elemen terpenting dari OS Windows.

Fitur  Windows Firewall terus  ditingkatkan seperti mengontrol koneksi  keluar  dari  suatu  aplikasi  serta  user juga mampu mengatur windows firewall dengan cukup mudah karna penggunaanya yang sederhana

Program-program  pada Windows  ini  akan  secara  otomatis  membuat sebuah aturan-aturan di dalam windows firewall sehingga program tersebut dapat melakukan update.

6. Rutin Lakukan Backup Data

tips cara membuat surat lamaran kerja yang baik cara mengatasi ransomeware terbaruTips cara mengatasi ransomeware terbaru yang terakhir yaitu rutinlah melakukan backup semua data pada perangkat anda seperit file, foto, dokumen dan database yang anda anggap penting.

Anda bisa melakukan backup data di beberapa penyimpanan sekaligus, baik hard drive, Google drive, dan lainnya. Jika virus ransomware berhasil menyerang website atau perangkat Anda, setidaknya Anda tidak akan terlalu panik. Dikarenakan, semua data yang terenkripsi telah dibackup dengan aman.

Hal yang terpenting jika Anda terkena sebuah virus ransomware, jangan pernah membayar tebusan yang hackter atau penyerang minta.

Terkena ransomware bukan akhir dari segalanya, Ada kemungkinan file bisa dibuka dengan decryptor yang tersedia gratis. Kalaupun tidak, segera laporkan kasus di No More Ransom untuk diteliti lebih lanjut.

Selain itu dengan rutin melakukan backup data, anda telah mengurangi resiko kehilangan data-data penting anda untuk jangka panjang dan hal ini sangat kami rekomendasikan ūüėÄ

Ciri-Ciri Virus Ransomeware

Setelah kita mengetahui bagaimana cara mengatasi ransomeware terbaru, Dibawah Ini ada beberapa ciri-ciri dari virus ransomeware :

  • Semua file baik foto, video, dan dokumen yang terinfeksi berubah menjadi format tertentu dan terenskripsi sehingga menjadi tidak bisa diakses.
  • Dapat menginfeksi seluruh file dan data baik di sistem, hardisk hingga ke penyimpanan lainnya seperti flashdisk. Asal terhubung dengan komputer atau laptop.
  • Tidak mempengaruhi software yang ada di perangkat yang kita gunakan. Software tetap dapat kita buka dengan baik.
  • Setelah file dan data kita terinfeksi, hacker menyertakan pesan dalam bentuk txt yang apabila dibuka dengan Notepad akan berisi surat ancaman dari si hacker yang meminta tebusan atau data akan hilang selamanya.
  • Di dalam surat dan juga drive C: System, terdapat Personal ID berisi kode unik yang merupakan alamat/wadah untuk membuka akses ke file kita yang dikunci.

Setiap file yang menjadi target ransomeware, akan dilakukan enkripsi dan memunculkan sebuah file catatan kecil yang berisi alamat email penyerang beserta nomor rekening pembayaran untuk dapat melakukan dekripsi file yang terkunci.

Dengan demikian, penyerang akan memberikan mekanisme dekripsi file jika pembayaran sudah dilakukan. tapi ini tentu tidak menjamin bahwa penyerang atau hacker akan mengembalikan atau memberikan anda cara mendekripsi file.

Nah itulah tadi pembahasan kita mengenai 6 Tips Cara Mengatasi Ransomeware Terbaru ingat data anda sangat berharga jadi jaga dengan baik semoga bermanfaat terima kasih kunjungannya sampai jumpa di artikel berikutnya ūüėÄ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here